Coretan

Tips Menjadi Seorang Pengusaha Pemula

BAWAKALEM. Salah satu masalah pokok yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia adalah masalah pengangguran. Pengangguran yang tinggi berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kemiskinan, kriminalitas dan masalah-masalah sosial politik yang juga semakin meningkat.

Dengan jumlah angkatan kerja yang cukup besar, arus imigrasi yang terus mengalir, serta dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini, membuat permasalahan tenaga kerja menjadi sangat besar dan kompleks.

Pengangguran terjadi disebabkan antara lain, yaitu karena jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih kecil dari jumlah pencari kerja. Juga kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan pasar kerja. Selain itu juga kurang efektifnya informasi pasar kerja bagi para pencari kerja.

Fenomena pengangguran juga berkaitan erat dengan terjadinya pemutusan hubungan kerja, yang disebabkan antara lain; perusahaan yang menutup atau mengurangi bidang usahanya akibat krisis ekonomi atau keamanan yang kurang kondusif; peraturan yang menghambat inventasi; hambatan dalam proses ekspor impor, dan lain-lain.

Maka dari itu solusi paling jelas dan pasti untuk para pengangguran yaitu menjadi pengusaha. Namun menjadi seorang pengusaha pemula tidak akan mudah, karena ketika kita memulai wirausaha harus keluar dari zona nyaman, tidak gengsian, pandai mencari peluang, jangan takut rugi, dan banyak hal-hal yang harus diperhitungkan.

Menjadi pengusaha pun adalah sunnah rasululloh Nabi Muhammad SAW karena beliau sewaktu muda sudah pandai berdagang dan bernegosiasi perihal bisnis, hal tersebut bisa kita jadikan contoh karena sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan.

Berikut adalah tips untuk kita menjadi pengusaha pemula, yaitu :

– keluar dari zona nyaman
– tidak gengsian
– pandai mencari peluang
– tidak takut rugi

Memang selalu banyak rintangan ketika kita memulai usaha, namun dengan keyakinan dan kemauan yang kuat akan membuat tekad yang bulat untuk menjadi seorang pengusaha.

Bob sadino seorang pengusaha hebat pernah berkata “setinggi apapun pangkatmu di kantor, kau tetap anak buah dan sekecil apapun usahamu, kau adalah bosnya. Jadi jangan berfikir panjang untuk jadi pengusaha. Bulatkan tekad, kuatkan hati, mulai dengan do’a, dan mulai berwirausaha.”

Penulis:
Fajar Al-Ghifary, seorang mahasiswa yang sedang merintis usaha minuman.

Facebook Comments

Terpopuler

To Top