Coretan

Peran Perkaderan HMI Dalam Mencetak Pemimpin Masa Depan

BAWAKALEM. Mencari sosok ideal pemimpin yang bisa menjadi teladan dan mampu bertanggung jawab serta amanah dalam menjalankan tugasnya saat ini bukanlah hal yang mudah. Karena sejak era reformasi perubahan sistem memilih pemimpin menjadi semakin terlihat sebagai suatu sistem demokrasi yang terlalu dipaksakan dan kurang matang.

Sebagai insan intelektual yang memiliki tugas sebagai agent of change dan social control serta sebagai wali amanat untuk meneruskan regenerasi kepemimpinan dalam semua lini kehidupan, Mahasiswa menjadi penentu dalam maju mundurnya suatu bangsa. Keberadaan HMI adalah manifestasi atas gerakan intelektual, moral, dan spiritual di Indonesia.

Tentu saja hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari beberapa syarat utama dari kelahiran sekaligus keberadaan HMI itu sendiri. Sebagai salah satu organisasi mahasiswa Islam tertua dan terbesar di Indonesia, HMI didirikan bukan tanpa alasan yang jelas. HMI didirikan berangkat dari kekhawatiran dan kesadaran kritis atas kondisi Islam dan Indonesia.

Dalam setiap organisasi khususnya HMI, kader memiliki peran sentral dimana kader sebagai agen dalam rangka menerapkan cita-cita perjuangan HMI yang sesuai dengan tujuan HMI yaitu terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT sehingga dibutuhkan kader yang berwawasan keislaman, keindonesiaan, dan kemahasiswaan dengan lima kualitas insan cita dan bersifat independen dalam rangka mengemban amanah organisasi dan melahirkan pemimpin masa depan.

HMI sebagai sebuah organisasi perjuangan dan perkaderan yang telah berusia setengah abad lebih tentunya telah banyak melahirkan tokoh-tokoh intelektual di negeri ini, sehingga kader-kader HMI mempunyai kewajiban untuk melanjutkan perjuangan tersebut dalam rangka mencapai kemaslahatan umat dan bangsa. Tentunya HMI harus menjadi garda terdepan untuk menjawab permasalahan krisis kepemimpinan yang terjadi di negeri ini.

Sebagai organisasi kader di tingkat mahasiswa, HMI merupakan lembaga strategis sebagai wadah pembentukan jiwa kepemimpinan. Bangsa kita membutuhkan pemimpin-pemimpin yang tangguh dan memiliki visi yang jelas tentang pembangunan nasional dan masa depannya. Kepemimpinan yang tangguh dan ber-visi itu tidak bisa lahir secara tiba-tiba, tetapi harus melalui suatu proses. Ada masa penempaan, penggodogan, dan pengujian, baik ketika masih menjadi mahasiswa maupun sesudah terjun ke masyarakat. HMI yang telah terbukti merupakan wadah yang melahirkan pemimpin-pemimpin di negeri ini, diharapkan dapat diteruskan dalam kancah dan medan panempaan, penggodogan, dan pengujian bagi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan yang kualitasnya sesuai untuk menghadapi kondisi sosial.

Penulis: Nurcahyono
(Kandidat Ketua Umum BPL PB HMI)

Facebook Comments

Terpopuler

To Top