Coretan

Takut Backpackeran? Cuma Ini kok Modalnya

BAWAKALEM. Banyak dari kita yang mau liburan tapi dengan budget murah rasa mewah. Banyak juga yang berfikiran kalau modal liburan itu hanya uang. Dan banyak juga yang berfikiran kalau itu mustahil. Kata siapa?

Kamu bisa coba solo backpacker atau group backpacker. Buat kamu yang takut backpackeran dan masih memikirkan modal uang adalah modal penting, coba deh baca sampai selesai. Disini gue bakal ngasih modal buat lo yang mau solo backpackeran atau group backpacker.

1. Niat
Setiap traveler/backpackerian selalu memikirkan uang/budget terlebih dahulu.

Menurut gue itu salah. Selama pengalaman gue untuk backpackeran, gue tidak pernah memikirkan uang terlebih dahulu. Karna gue tau, budget bakal ngikut setelah perencanaan yg matang nantinya.

Modal gue selama backpackeran itu niat. Karna yang kita tau, acap kali kita mau berpergian, selalu saja di tunda-tunda karna alasan yang klasik, yaitu “MAGER”.

Kata “MAGER” harus lo hilangin kalau lo mau backpackeran. Apalagi solo backpack, terus lo udah tau duluan kota yang bakal lo singgahin tempat wisatanya jauh-jauh antara tempat wisata 1 sama tempat lainnya. Jadi jangan pernah bawa itu “MAGER”. Mau sampe kapan lo diem doang di rumah dan ga akan refreshin otak ke tempat-tempat yang jauh.

2. Budget
Gak menutup kemungkinan, banyak dari kita yang berfikiran kalau ga ada uang lebih, kita ga akan bisa wisata yang seru.

Itu juga berlaku buat gue. Tapi, dengan modal 500ribu, lo juga udah bisa kok liburan asik, Contohnya ke Yogjakarta.

Semua orang tau, kalau makanan disana itu mempunyai harga yang lebih miring ketimbang kota besar lainnya. Terus pasti muncul pertanyaan, Tapi kan kalau kesana harus pake transportasi, terus kalau nginep dimana? Terus sewa kendaraan disana gimana?

Gini ya, transportasi termurah itu kereta ekonomi. Nah, banyak sih yang bilang “ahh naik kereta ekonomi itu pegel lah, bosen pula, juga lama”. Coba deh buang jauh-jauh perasaan lo yang kaya gitu.

Backpacker itu bukan nyari yang mewah, bukan juga nyaman versi pejabat. Intinya itu, lo sampe tujuan dengan selamat dan pastinya murah.

Terus buat pertanyaan sewa penginepan gimana? Sama sewa kendaraan di tempat liburan gimana? Gue jelasin di No.4

3. Itenirary
Nah itenirary itu bahasa kerennya dari rencana perjalanan. Kalau lo pengen liburan, terus budget lo pas-pasan banget nih, lo harus cari tempat wisata yang gratis. Kalau pun bayar, ya bayar parkir doang. Atau ga lebih dari budget lo. Lo harus detail memanage uang lo dengan tempat wisata tersebut. Apalagi kalau lo solo backpacker. Kalau ada temen buat share cost mah enak. Share cost itu patungan ya artinya.

Jadi itenirary lo jangan pernah di buat dadakan. Tukang tahu bulat aja butuh persiapan sebelum jualan. Dan jangan pernah ngubah itenirary lo. Karna bisa mengubah budget lo itu. Kalau berubah itenirary terus ngurangin budget sih it’s ok. Kalau lebih mahal gimana?

4. Ramah
Buat orang Indonesia, ramah itu hal yang diajarkan sejak kita kecil.

Permasalahannya, lo berani ga buka obrolan sama orang lain (warga sekitar). Kebanyakan para traveler atau backpackerian itu asik dengan dirinya sendiri atau pun groupnya doang. Itu hal yang sulit untuk sebagian backpackerian lakuin.

Gue pernah dua minggu backpackeran dari Bandung-Surabaya -Banyuwangi-Bali, dengan modal hanya 1.5juta. Lah kenapa bisa? Iya karna gue mau bergaul dengan warga sekitar.

Nah, untuk pertanyaan yg di no.2 tadi, gue jawab disini. Terus bayar penginapan gimana? Sewa motor gimana?

Gue selama backpackeran yang kaya di atas, gue cuma bayar tempat nginep di Bali doang. Itu pun gue bayar setengah harga pas di Bali, yang awalnya 100ribu, jadi 50ribu.

Terus buat penyewaan kendaraan gimana? Buat sewa kendaraan juga sama. Gue cuma sewa motor di Banyuwangi dan di Bali doang. Di Bayuwangi gue dapat 30ribu/hari buat motor, dan di Bali gue dapat harga 35ribu buat motor perhari.

Logis ga? Yang kita tau, kalau harga penyewaan motor di tempat wisata itu biasanya 65ribu ke atas. Nah kenapa bisa? Karna gue mau bersosialisasi dengan warga sekitar.

So, lo mau ga backpackeran? Udah kepikiran tempat yang mau di datengin belum? Kalau udah, yuk ajak temenmu liburan.

Penulis:
Ardian

Facebook Comments

Terpopuler

To Top