Coretan

Makna Sebuah Kejujuran

BAWAKALEM. Jujur berbeda dengan harta. Saat harta hilang atau habis, maka akan bisa di cari lagi. Beda halnya dengan kejujuran, jika hal itu sudah hilang, maka untuk mengembalikannya sangat sulit karena menyangkut hal tentang kepercaan seseorang. Saat kepecayaan seseorang dikhianati atau di bohongi, maka sulit untuk kembali percaya seperti semula.

Jujur adalah sebuah kata yang indah  didengar, tetapi tidak seindah mengaplikasikan dalam kesehariannya. Kejujuran adalah mengatakan sesuatu dengan sebenar-benarnya, tidak ada unsur kebohongan atau manipulasi didalamnya. Kejujuran dapat digambarkan adakala dalam hal ucapan dan adakalanya dalam hal perbuatan.

Dalam hal ucapan misalnya, ia senantiasa berkata jujur dalam berbicara. Juga dalam hal perbuatan misalnya dalam berdagang, ia tidak penah mengurangi timbangan ketika memberikan kembalian kepada orang yang tidak bisa melihat, ia akan memberikan sesuai apa yang harus ia berikan semestinya.

Segala sesuatu yang tidak dilandasi dengan kejujuran, maka lama kelaman akan terbongkar juga kebenarannya. Setiap kebohongan akan menimbulkan kebohongan lainnya. Tanpa sadar telah menyakiti diri sendiri dengan kebohongan-kebohongan yang diciptakan. Walau kadang terasa sulit untuk sebuah kejujuran, tapi cobalah untuk berani pada diri.

Jujur sebuah nilai abstak, sumbernya hati bukan pada omongannya. Sebuah kejujuran adalah nilai kesadaran “imani”, dimulai dari suara hati. Kualitas imanlah yang dapat mengantarkan seseorang menjadi jujur. Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap seseorang.

Saat seseorang berkata benar atau tidak, selain dari cara bicaranya yang tidak biasa, seperti terbata-bata  lihatlah dari sorot matanya.

Dalam Islam, jujur adalah sikap yang dinamai Shidiq, oleh karena itu jujur bernilai tak terhingga. Karena semua sikap yang baik selalu bersumber pada kejujuran. Merupakan suatu keindahan jika semua orang yang ada didunia mengaplikasikan kejujuran.

Dengan hal itu Rasulullah SAW bersabda; “Hendaklah kalian berlaku jujur, karena sesungguhnya jujur itu menunjukan kalian kepada kebajikan. Dan kebajikan itu menunjukan kalian jalan ke Syuga.”(H.R Muslim)

Jujur juga dapat diartikan bisa menjaga amanah. Amanah merupakan sesuatu yang berat karena harus menjaga dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab titipan orang lain. Berhasil atau tidaknya dalam menjaga amanah tergantung kita dapat menigkatkan kejujuran.

Dengan demikian jujur dapat diartikan kehatian-hatian diri seseorang dalam memegang amanah yang telah dipercayakan oleh orang kepada dirinya. Karena kejujuran merupakan sifat luhur yang harus dimiliki manusia.

Orang yang memiliki kepribadian yang jujur termasuk kedalam kategori orang yang pantas diberi amanah, karena orang jujur, dia memegang segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh rasa tanggung jawa.

Ternyata menjadi insani yang jujur, tak semudah yang dibayangkan. Perlu perjuangan dimana kepercayaan yang dipertarukan dalam menjalankanya.

Oleh sebab itu, belajar dari sekarang untuk tidak membohongi, dimulai dari diri sendiri. Bersikaplah jujur pada hati, setiap perkataan yang diucap serta perbuatan yang di kerjakan.

Penulis: Ira Wahyudi

Facebook Comments

Terpopuler

To Top