Warta

Umumkan Calon Pimpinan, DPRD Jabar Usulkan Tambah Kuota

BAWAKALEM. Dipimpin langsung Ketua sementara DPRD Jawa Barat (Jabar) Taufik Hidayat, Rapat Paripurna hari ini, Selasa (17/9) mengumumkan usulan nama-nama calon pimpinan definitif DPRD Jabar masa bakti 2019-2024.

Dalam rapat kali ini, selain mengumumkan calon pimpinannya, DPRD juga mengusulkan satu calon tambahan. Dengan demikian, jumlah pimpinan DPRD Jabar berubah dari lima orang pada periode sebelumnya.

“Kami baru mengusulkan, keputusan nanti dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri RI). Karena sesuai dengan itu (jumlah anggota dewan), kalau (jumlah anggota) 85-100 itu lima (orang pimpinan), kalau 120 bagaimana (menyesuaikan),” ujar Taufik ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar.

Menurut Taufik, alasan dari penambahan jumlah pimpinan DPRD Jabar 2019-2024 mengacu pada jumlah anggota dewan saat ini yang bertambah dari 100 orang menjadi 120 orang.

“Sesuai dengan jumlah kursi kan 85-100 itu lima (peraturannya lima), nah kalau 120 bagaimana. Landasan hukumnya karena ada celah kosong di situ makanya kita usulkan, belum ada aturannya makanya kita masuk,” jelas Taufik.

“Kemungkinan bisa diterima Mendagri, kemungkinan tidak, siap dengan hasil apapun,” sambungnya.

Adapun keenam calon yang diumumkan terdiri dari satu orang ketua dan lima orang wakil ketua, masing-masing adalah Taufik Hidayat dari Partai Gerindra (Ketua), Achmad Ru’yat dari PKS (Wakil Ketua), Ineu Purwadewi Sundari dari PDI-P (Wakil Ketua), Ade Barkah Surahman dari Partai Golkar (Wakil Ketua), Oleh Soleh dari PKB (Wakil Ketua), dan Irfan Suryanagara dari Partai Demokrat (Wakil Ketua).

Facebook Comments

Terpopuler

To Top