Coretan

KKN UPI Desa Cangkuang Kulon Ciptakan Eco-Paud Berbasis Green House Dan Zero Waste

BAWAKALEM. Kelompok KKN UPI yang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata atau KKN Di Wilayah Desa Cangkuang Kulon, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, ciptakan Eco-Paud berbasis Green House dan Zero Waste.

Dengan menambahkan menempatkan serta menyimpan tanaman hidroponik di PAUD tersebut serta melakukan langkah konkret penanggulangan dan sosialisasi dini terhadap anak-anak lewat pembuatan TPA sampah dan menggolongkan sampah menjadi organic dan Anorganik.

Perlu diketahui Green house merupakan sebuah bangunan yang berkerangka atau dibentuk menggelembung, diselubungi bahan bening atau tembus cahaya yang dapat meneruskan cahaya secara optimum untuk produksi dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman .

Bebas sampah atau zero waste) adalah filsafat yang mendorong perancangan ulang daur sumberdaya, dari sistem linier menuju siklus tertutup, sehingga semua produk digunakan kembali.

Tidak ada sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan insinerator atau teknologi termal lainnya (gasifikasi, pirolisis).

Proses yang terbaik adalah meniru bagaimana sumber daya di daur ulang secara alami. Definisi Bebas Sampah yang diakui secara internasional, yang digunakan oleh (ZWIA) adalah:

“Bebas sampah adalah tujuan etis, ekonomis, efisien, dan visioner, untuk memandu masyarakat dalam mengubah gaya hidup dan praktik-praktik mereka dalam meniru siklus alami yang berkelanjutan, dimana semua material yang tidak terpakai lagi dirancang untuk menjadi sumber daya bagi pihak lain untuk menggunakannya”.

Penulis:
Muhammad Zeinny H.S
(Ketua BEM Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI 2019. Koordinator Isu Ekonomi makro FMEB 2019)

Facebook Comments

Terpopuler

To Top