Warta

DPRD Jabar Dorong Biro BUMD Optimalkan Kinerja

BAWAKALEM. Biro Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat (Jabar) dari waktu ke waktu kinerjanya terpantau semakin menurun. Melihat hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar mendesak Biro BUMD agar bekerja lebih giat.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar, Sugianto Nanggolah menjelaskan, pihaknya dalam rapat kerja dengan mitra komisi III pernah mengimbau kepada Kepala Biro BUMD Jabar, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka untuk mengelola BUMD secara baik dan benar. Pasalnya, jumlah BUMD yang tidak memberikan kontribusi jumlahnya banyak.

“Kalau ibu tak mampu maka ibu silakan men-hayer keluar dari pekerjaan ini,” jelasnya sembari mengingatkan yang pernah diucapkan kepada Kepala Biro BUMD Jabar, Sabtu (24/10).

Yang menjadi dasar imbauan tersebut dikemukakan yakni kinerja BUMD Jabar dari waktu ke waktu tidak menunjukkan trend positif. Ia menekankan agar BUMD lainnya mengikuti jejak Bank BJB dan Migas Hulu Jabar, yang memberikan trend positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Komisi III DPRD Jabar berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna meningkatkan PAD Jabar,” ujanya.

Komisi III DPRD Jabar dalam waktu dekat akan melakukan investigasi kepada BUMD, setelah mendapat surat dari Pimpinan Dewan. Ia menilai, permasalahan BUMD sangat klasik, ditambah dengan adanya pandemi covid-19, kinerjanya sangat mengkhawatirkan.

“Tadi kami mempermasalahkan BUMD yang sekarang ini cenderung merugi. Padahal kami tidak ingin BUMD ini selalu merugi,” pungkasnya.

Facebook Comments

Terpopuler

To Top