Warta

Meski Telah Disetujui, DRPD Jabar Sebut CDOB Masih Butuh Proses Panjang

BAWAKALEM. Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) yang meliputi Kabupaten Bogor Barat, Garut Selatan, dan Sukabumi Utara telah di setujui oleh Pimpinan DPRD dan Gubernur Jabar.

Kendati demikian CDOB tersebut masih membutuhkan proses yang panjang, mengingat Pemerintah Pusat saat ini masih melakukan moraturium daerah pemekaran.

Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman mengatakan, pihaknya telah mengkaji ketiga Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut dalam pleno rapat kerja Komisi I pada Rabu (2/13) lalu.

Sehingga, CDOB sangat layak untuk disetujui oleh DPRD bersama Gubernur Provinsi Jabar sebagai daerah calon otonomi baru.

“Kami memohon kepada Pimpinan dan anggota DPRD Jabar untuk dapat memberikan persetujuannya terhadap usulan CDOB tersebut,” ucap Bedi, Jumat (4/12).

Menurutnya, dengan persiapan yang matang dan kesigapan para pihak terkait. Apabila nantinya moraturium telah dicabut, ketiga daerah tersebut telah siap untuk dijadikan persiapan DOB.

“Kami ingatkan bahwa proses berikutnya masih cukup panjang,” ujarnya.

Pasalnya, setelah pencabutan moraturium oleh Presiden RI yang berdasarkan masukan dari Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD). Terdapat tim independen yang menilai kelayakan untuk dijadikan status CDOB serta dikonsultasikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada DPR atau DPD RI.

“Setelah status CDOB disahkan, maka butuh tiga tahun bagi ketiga daerah tersebut untuk melakukan persiapan tersebut. Kemudian akan diuji kelayakannya untuk diteruskan menjadi DOB atau dinyatakan gagal sehingga dikembalikan ke daerah induk,” katanya.

Dengan demikian, Komisi I DPRD Jabar mengimbau bagi semua pihak terkait untuk bersungguh-sungguh bersinergi untuk mengawal misi pemekaran tersebut hingga berhasil.

Dalam rapat paripurna tersebut Pimpinan DPRD dan Gubernur Jabar telah menandatangani naskah persetujuan pemekaran Kabupaten Garut Selatan, Bogor Barat, dan Sukabumi Utara menjadi calon daerah otonomi baru.

Facebook Comments

Terpopuler

To Top