Warta

HMI Koordinator Komisariat Universitas Pendidikan Indonesia Resmi Dilantik

BAWAKALEM. Pasca pelantikan HMI cabang bandung yang dilantik pada tanggal 11 maret 2021 dan bertepantan pada hari isra mi’raj 27 rajab 1442 hijriah, Himpunan Mahasiswa Islam koordinator komisariat universitas pendidikan Indonesia (HMI Korkom UPI) telah melaksanakan pelantikan pada hari jumat 12 maret 1442 Hijriah di Graha HMI Sabang 17, dan dilantik oleh kepengurusan Muhamad Nur Jamaludin selaku ketua umum HMI cabang bandung.

Pelantikan HMI korkom upi mengusung tema” الاتِّحَادُ أَسَاسُ النَّجَاحِ , Bersatu dalam membentuk peradaban islam di era society 5.0”. Maksud dari tema yang di usung oleh panitia pelantikan HMI Korkom upi adalah, mempersiapkan peran serta dari kader HMI untuk bersatu dalam membentuk sebuah peradaban islam di era society 5.0.

Dikutip dari wartaekonomi, “ociety 5.0 adalah revolusi industri yang dirumuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada bulan Maret 2017 di pameran CeBIT, Hannover, Jerman untuk menangani segala permasalahan yang terjadi di Jepang dan baru diresmikan pada 21 Januari 2019”. Hal ini menanggapi kekurangan populasi produktif di jepang.

HMI Korkom Upi memilih tema bersatu untuk membuat peradaban islam di era society 5.0. Dilatar belakangi banyaknya umat islam di seluruh dunia mengalami perpecahan dengan sesama umat islam.

Tentu ini membuat HMI korkom upi meilih untuk mebuat bersatunya umat islam untuk membentuk sebuah peradaban, yang dimana dengan dorongan intelektual kader HMI dirasa perlu untuk mendorong umat islam bersatu kembali, dan tidak ada perpecahan kemabali.

Hadis nabi Muhammad Saw yang di riwayatkan oleh Abu Daud mengatakan “hampir tiba masanya kalian diperebutkan seperti sekumpulan pemangsa yang memperebutkan makanannya” Lalu seseorang bertanya “apakah karena sedikit jumlah kita?” “bahkan kalian banyak namun kalian seperti buih mengapung. Dan Allah telah mencabut rasa gentar dari dada musuh kalian terhadap kalian. Dan Allah telah menanamkan dalam hati kalian penyakit Al-wahan”seseorang bertanya”Ya Rosulullah, apakah itu Al-waham itu?” Nabi Saw Bersabda.”cinta dunia dan takut akan Kematian”(HR. Abu Dawud).

Penulis melihat hadist nabi Muhammad Saw ini bisa kita lihat di era sekarang. Banyak umat islam tapi hanya sekumpulan buih dilautan saja, banyak tapi tidak kuat. Tentu kita harus mengokohkan ukhuwah islamiyah dan tidak ada saling merasa benar dan saling menyalahkan sesama umat, sehingga mengakibatkan terjadinya perpecahan.

Salah satu alumni HMI korkom UPI yaitu Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi, dan Sistem Informasi, berpesan kepada kepengurusan HMI Korkom UPI Untuk memperkuat Perkaderan secara Kualitas dan Kuantitas untuk memberikan kebermanfaatan umat.

Tentu ini adalah tantangan terbesar untuk kepengurusan HMI Korkom UPI periode 2021-2022 yang di pimpin oleh Muhammad Zeinny H.S untuk memberikan sebuah sumbangsih untuk Umat Islam di Indonesia dan Dunia.

Facebook Comments

Terpopuler

To Top